Minggu, 24 Agustus 2014

This Is All About Blue Mosque, Istanbul 

Blue Mosque
Pemandangan pada malam hari jika dilihat dari luar

Tau kenapa dinamakan Blue Mosque atau Masjid Biru? Dinamakan seperti itu karena kubah dan dindingnya ditutupi dengan keramik yang berwarna biru, yang jika orang melihatnya akan merasa tenang dan lebih sejuk. Masjid ini berada di Istanbul, Turki dan dibangun oleh Sultah Ahmed I yang punya kekuasaan di Turki pada abad ke-14. Tahun 1609 lah masjid ini mulai dibangun dan selesai pada 1616 oleh seorang arsitek yang bernama Mehmed Aga. Niatnya sangat mulia yaitu membangun masjid, mungkin banyak orang yang mendoakan agar beliau diberikan umur yang panjang, tapi Allah berkehendak lain, Sultan Ahmed meninggal setelah setahun masjid selesai dibangun.

Sultan Ahmed I
Sultan Ahmed I

Selain pemandangan yang memang indah, Istanbul juga dipenuhi bangunan cantik yang bersejarah. Tidak jauh dari Masjid Biru, terdapat museum Aya Sofia. Selain terkenal dengan keindahan arsitekturnya, Aya Sofia sangat unik karena sejarahnya, yaitu pertama dibangun sebagai katedral, lalu diubah menjadi masjid selama 500 tahun dan sejak pemerintahan sekuler Republik Turki menjadi museum sampai saat ini. Belum lagi ada istana Topkapi yang menyimpan beberapa peninggalan Rasulullah.
Aya Sofia dan Topkapi
Aya Sofia (Sebelah kiri dari depan) dan Topkapi (sebelah kanan dari depan)

Apa aja sih yang unik dari Bule Mosque? Yuuk kita lihat

1. Interiornya yang indah

Interior atau bangunan pada dalam masjid sangatlah indah, bahkan lebih indah daripada banguna luar masjid. Dindingnya dipenuhi dan ditutupi dengan keramik berwarna biru, yang jika dilihat pada malam hari itu akan lebih terasa keindahannya. Warnanya sangatlah indah dan membuat hati damai sebelum ataupun setelah shalat.

Interior Blue Mosque 1
Pada saat  malam  hari di dalam masjid

Interior Blue Mosque 2


Interior Blue Mosque 3


2. Tempat Wudhu yang unik


Nih kalau di Turki tempat wudhunya seperti ini nih

Tempat Wudhu
Tempat wudhu di Blue Mosque

Katanya kalau wudhunya sambil duduk, itu lebih bagus. Naahh di Turki tepatnya di Istanbul Blue Mosque menerapkan hal tersebut. Mungkin kalau menurut beberapa orang, biar lebih nyaman aja kali yaa dan biar tidak cape.

3. Tata Tertib Masuk Masjid


Bagi para wisatawan diwajibkan untuk memakai pakaian yang sopan, dan untuk wisatawan wanita yang tidak memakai kerudung sudah disiapkan kerudung dan tinggal memakainya saja

Tempat Kerudung di dalam Blue Mosque
Tempat untuk mengambil kerudung yang disediakan

Nah sekian dulu yaa untuk yang unik-uniknya di Blue Mosque, gimana? Unik kaann^^ Kalau mau tahu yang lainnya, bisa juga kunjungi web Cheria Wisata.

Terima kasih karena telah melihat dan membaca artikel ini, semoga bisa bermanfaat dan anda langsung ingin daftar di Cheria Wisata ;)

Untuk info/pendaftaran, anda bisa menghubungi :
Telepon : 087886098658 (Asri)
Email : asrihusaeni12@gmail.com 

0 komentar:

Posting Komentar

Unordered List

Sample Text

Blog Archive

Sample text

Pages

Diberdayakan oleh Blogger.

Social Icons

Social Icons

Followers

Featured Posts

Popular Posts

Recent Posts

Text Widget